Sunday, November 11, 2012

Jenis-Jenis Logging Sumur Panas Bumi

Logging Sumur Panas Bumi
Jenis-Jenis Logging Sumur Panas Bumi adalah lanjutan dari tulisan saya terdahulu yaitu Geothermal Well Logging Operation. Dalam tulisan terdahulu saya telah menjelaskan bagaimana suatu operasi logging dilakukan di lapangan panas bumi. Selanjutnya dalam tulisan kali ini saya akan memperkenalkan jenis-jenis logging yang sering dilakukan di dunia industri panas bumi atau industri geothermal.


PT Logging

PT Logging adalah jenis logging sumur yang dilakukan untuk mendapatkan profil dari tekanan (pressure) dan temperatur di sepanjang lubang sumur panas bumi. Profil tekanan dan temperatur di sepanjang lubang sumur sangat diperlukan untuk karakterisasi reservoir panas bumi. Profil PT ini juga diperlukan dalam analisa kondisi di sekitar lubang sumur.

PT Logging dapat dilakukan baik dalam keadaan sumur sedang flowing maupun pun dalam keadaan sumur sedang ditutup atau shut-in. Jika sumur dalam keadaan shut-in, maka PT yang terukur dapat merepresentasikan kondisi di reservoir karena antara lubang sumur dan reservoir telah tercapai kesetimbangan.

PTS Logging

PTS Logging adalah jenis logging sumur yang dilakukan tidak hanya untuk mendapatkan profil dari tekanan (pressure) dan temperatur di sepanjang lubang sumur panas bumi tetapi juga untuk mendapatkan profil dari laju alir fluida di dalam lubang sumur panas bumi. PTS adalah akronim dari Pressure, Temperature, Spinner. Profil dari laju alir fluida yang dikombinasikan dengan profil PT dapat digunakan untuk analisa formasi di sekitar lubang sumur. Terdapat tiga jenis pengukuran PTS, yaitu: injection, flowing, and shut-in.

1. PTS Injection
PTS Injection adalah jenis PTS yang dilakukan dalam keadaan lubang sumur terinjeksi oleh air dengan laju alir konstan. Dalam hal ini arah aliran fluida injeksi adalah dari permukaan menuju ke dalam bumi.

2. PTS Flowing
PTS Flowing adalah jenis PTS yang dilakukan dalam keadaan sumur sedang mengalir. Dalam hal ini arah aliran fluida panas bumi adalah dari dalam bumi menuju ke permukaan.

3. PTS Shut-In
PTS Shut-In adalah jenis PTS yang dilakukan dalam keadaan sumur ditutup. Penutupan dilakukan untuk mencapai keadaan setimbang antara kondisi di dalam lubang sumur dan kondisi di formasi.


Caliper Logging

Caliper Logging adalah jenis logging sumur yang dilakukan untuk menginvestigasi kondisi casing (casing integrity) dari lubang sumur panas bumi dengan cara mengukur diameter dalam dari casing.


Downhole Sampling

Downhole Sampling (DHS) adalah jenis logging sumur yang dilakukan untuk mengambil sampel fluida panas bumi dari dalam lubang sumur. DHS dapat dilakukan jika keberadaan kolom cairan (liquid colomn) telah teridentifikasi oleh PT Logging.

Jenis-jenis logging di atas adalah jenis logging yang sering dilakukan dalam dunia panas bumi. Perlu diperhatikan oleh seorang engineer maupun earth scientist, sebelum menganalisa data PT agar mengetahui terlebih dahulu kondisi pengambilan data tersebut apakah pada saat flowing, injection, atau shut-in, sehingga tidak terjadi misleading dalam proses analisa data.


Penulis: Robi Irsamukhti

Copyleft
Silahkan mengutip, mengkopi bahkan menge-teh, dan menyebarkan materi ini selama menyebutkan penulis dan sumbernya.

3 comments:

  1. mas , mungkin bisa tlng di share kan tentang hasil / output dr hasil logging untuk geothermal sendiri , trims :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kalau data seperti itu sifatnya confidential, Mba Fitri. Saya bisa dikomplain sama yang punya data kalau di-share di sini :D. Btw, terima kasih sudah mampir.

      Delete

Note
Komentar akan ditampung terlebih dahulu sebelum diterbitkan.