Saturday, October 27, 2012

10 Cara Mengatasi Insomnia


Mengatasi Insomnia
Pernahkah Anda mengalami susah tidur pada malam hari? Jika frekuensi susah tidur yang kita alami tidak terlalu sering, hal ini tentu tidak akan menjadi masalah serius. Akan tetapi, jika susah tidur ini berlangsung hampir setiap malam, ini baru masalah serius karena produktifitas kerja dan kesehatan akan menurun akibat tubuh tidak memperoleh masa istirahat yang cukup.

Gejala susah tidur sering kali dikaitkan dengan insomnia. Insomnia adalah gejala susah tidur yang terjadi secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang cukup lama. Orang yang mengalami insomnia sering merasa sulit untuk memulai tidur atau sulit untuk mempertahankan tidur pada jam tidur normal. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi insomnia.

1. Mandi Air Hangat Menjelang Tidur

Mandi air hangat selama 10 menit dapat menenangkan tubuh, pikiran, dan saraf Anda. Pada waktu kita mandi dengan air hangat akan terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan dan otot. Air hangat yang mengguyur seluruh badan juga akan memperlancar peredaran darah. Jika tubuh dan pikiran Anda sudah dalam keadaan rileks, maka Anda akan lebih mudah untuk memulai tidur.

2. Minum Susu Menjelang Tidur

Minum segelas susu hangat sebelum tidur dapat menenangkan kembali sistem saraf kita. Menurut ahli kesehatan, susu mengandung asam amino tryptophan yaitu suatu prekursor untuk neurotransmitter serotinin. Neurotransmitter ini bersifat menenangkan sehingga dapat membantu proses tidur. Oleh karena itu, susu dapat merangsang rasa kantuk yang akan membuat Anda tertidur lebih pulas.

3. Tenangkan Pikiran

Anda tidak akan dapat tidur jika pikiran Anda tidak dalam keadaan tenang. Rasa cemas akan memicu stress dan ketegangan yang tak jarang bahkan sampai membuat kita berkeringat. Oleh karena itu, tenangkan pikiran Anda ketika akan beranjak menuju tempat tidur. Apa pun masalah Anda, masih ada keesokan harinya untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

4. Jadwalkan Olah Raga Secara Berkala

Olah raga atau kegiatan fisik dapat menstimulasi unsur kimia di dalam otak yang bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan rileks. Olah raga yang dilakukan secara teratur akan membuat kita merasa lebih bugar, percaya diri, dan terhindar dari depresi. Hal ini akan membuat tidur kita menjadi lebih mudah dan lebih lelap. Namun demikian, jangan melakukan olah raga menjelang waktu tidur utama Anda karena hal itu justru akan membuat Anda susah tidur.

5. Tidur dan Bangun Secara Teratur Setiap Hari

Pola bangun dan tidur yang tidak teratur akan mengacaukan jam biologis Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk bangun dan tidur pada jam yang sama setiap harinya. Jika irama bangun dan tidur Anda terjadi secara teratur maka tubuh akan merekam jam tidur dan jam bangun Anda sehingga Anda akan mudah untuk bangun dan tidur setiap harinya. Sebaiknya Anda tidur tidak lewat dari pukul 22.00 dan bangun pagi sekitar pukul 04.30-05.00. Hal ini karena pada malam hari tubuh kita membutuhkan tidur tidak hanya untuk mengistirahatkan badan tetapi juga untuk melakukan proses detoksikasi (pengeluaran racun) pada beberapa organ vital seperti hati, empedu, dan paru-paru. Proses detoksikasi hati dan empedu hanya dapat berlangsung pada malam hari dan dalam kondisi tidur. Oleh karena itu, jangan korbankan kesehatan Anda dengan begadang untuk sesuatu yang tidak begitu penting. 

Selain 5 hal di atas yang dapat Anda lakukan agar memperoleh tidur yang berkualitas,  5 hal berikut adalah sesuatu yang harus Anda hindari agar terjauh dari insomnia, yaitu:
  1. Hindari tidur siang yang terlalu lama.
  2. Hindari makanan berat menjelang tidur.
  3. Hindari minuman berkafein menjelang tidur.
  4. Hindari menonton televisi sampai larut malam.
  5. Hindari kebiasaan begadang yang terlalu sering.


Copyleft


Silahkan mengutip, mengkopi bahkan menge-teh, dan menyebarkan materi tentang insomnia ini selama menyertakan link sumbernya.


1 comment:

  1. Artikel yang bagus dan menarik min,
    Penyebab susah tidur tidak dibahas dalam artikel ini, hanya membahas Cara mengatasi susah tidur apakah itu sama dengan cara agar cepat tidur pada malam hari. Terima Kasih….

    ReplyDelete

Note
Komentar akan ditampung terlebih dahulu sebelum diterbitkan.