Sunday, September 9, 2012

Pesona Alam Danau Diateh Di Kabupaten Solok

Ketika libur lebaran kemarin (22/08/2012), saya bersama keluarga hendak bertamasya ke objek wisata Danau Diateh di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Sepanjang perjalanan kami berjuang menghadapi kondisi macet yang sangat parah akibat ramainya masyarakat yang bertamasya bersama keluarga menuju objek-objek wisata favorit yang tersebar di beberapa daerah di Sumatera Barat. Perjalanan kami yang melelahkan tersebut akhirnya terobati ketika sampai di kawasan Danau Diateh.

Danau Diateh atau dalam bahasa Indonesia berarti danau "di atas" adalah salah satu danau yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Jika ada "di atas" tentunya juga ada "di bawah". Benar sekali, Danau Diateh merupakan bagian dari danau kembar di mana danau yang satunya lagi bernama Danau Dibawah. Kedua danau tersebut terletak saling berdampingan di punggungan Bukit Barisan dengan jarak satu sama lain sekitar 300 meter. Danau kembar ini secara administratif berada di daerah Alahan Panjang, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok. Secara geografis, Danau Diateh berada pada koordinat 1.07405 lintang selatan (LS) dan 100.76973 bujur timur (BT) pada elevasi sekitar 1530 meter di atas permukaan laut.

Danau Kembar, yaitu Danau Diateh dan Danau Dibawah, berjarak sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Padang. Danau ini juga berjarak sekitar satu jam perjalanan dari ibu kota Kabupaten Solok yaitu Arosuka. Ketika Anda melewati Arosuka, maka Anda akan menemukan sebuah tugu di tepi jalan menuju pusat pemerintahan Kabupaten Solok yang bernama Tugu Ayam Kukuak Balenggek.

Tugu Ayam Kukuak Balenggek
Tugu Ayam Kukuak Balenggek Di Arosuka

Pada tugu ini terdapat prasasti bertuliskan:

"Ayam kukuak balenggek / ayam kokok bertingkat merupakan hasil persilangan alami antara ayam hutan merah (gelus-gelus) dengan ayam kampung yang ditemukan hanya di beberapa nagari di Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok.

Di samping kokoknya yang bertingkat dan merdu hingga mencapai 16 suku kata, juga memiliki irama dan tempo suara kokok yang berbeda-beda pula sehingga untuk membedakannya, masyarakat setempat memberi nama dengan si ganjua lalai, rantak gumarang, si gagek angin, riak aie ilie, dan ginyang."

Berikut ini saya tampilkan beberapa potret yang menunjukkan pesona alami dari keindahan Danau Diateh yang berada di daerah Alahan Panjang, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok.

Danau Diateh
Danau Diateh

Siluet Menjelang Senja Di Danau Diateh
Siluet Menjelang Senja Di Danau Diateh

Pesona Alam Danau Diateh
Pesona Alam Danau Diateh

Daerah Solok secara umum terkenal sebagai sentra penghasil buah markisa di Sumatera Barat. Markisa atau Passiflora Edulis banyak dijual di tepi-tepi jalan raya di daerah Solok. Berikut ini merupakan salah satu tempat penjualan markisa yang berada tidak jauh dari Danau Diateh.

Buah Markisa (Passiflora Edulis)
Buah Markisa (Passiflora Edulis) Di Sekitar Danau Diateh

Disamping terkenal sebagai sentra penghasil buah markisa, daerah Solok juga terkenal sebagai sentra penghasil beras. Saking terkenalnya beras Solok ini di Provinsi Sumatera Barat sampai-sampai dinyatakan dalam sebuah lagu Minang populer berjudul "Bareh Solok". Anda dapat menemukan lagu ini dengan mudah di mesin-mesin pencari seperti Google.



Penulis: Robi Irsamukhti

Copyleft
Silahkan mengutip, mengkopi bahkan menge-teh, dan menyebarkan materi ini selama menyebutkan penulis dan sumbernya.

8 comments:

  1. Replies
    1. Betul, Yoan. Kapan-kapan liburan coba main kesana.. :)

      Delete
  2. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. keren sob...tampilkan lagi pesona indonesia keseluruh dunia

    http://gayatekno.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Betul, udaranya di sana dingin karena berada di ketinggian, kita yang ga terbiasa mesti siap-siap dengan jaket.

      Delete
  5. Indonesiaku, kau begitu indah. :) pesona danaumu sungguh mempesonaku.

    ReplyDelete
  6. Takana kampuang halaman jadinyo,,,

    ReplyDelete

Note
Komentar akan ditampung terlebih dahulu sebelum diterbitkan.